Jumat, 10 Agustus 2012

Kepingan CD atau DVD

Kepingan CD atau DVD

disc-02Kepingan CD/DVD adalah sebuah media tempat penyimpanan data atau program, dimana data pada CD/DVD hanya bisa dibaca oleh Optik Disk yang ada pada CD/DVD Room.

CD memiliki beberapa lapisan antara lain :
CD Sobek
1. Plastik
Plastik terbuat dari Biji Plastik haruslah lentur dan kuat, sehingga pada saat CD/DVD di baca akan berputar sangat cepat, oleh karena kecepatan putar CD/DVD pada saat di baca maka akan menimbulkan panas, jadi bila plastik CD/DVD tidak lentur dan kuat maka CD/DVD bisa pecah di dalam CD/DVD Room,
Plastik CD/DVD ini berfungsi untuk tempat selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser
2. Lapisan Plastik Data
Lapisan berupa plastik tipis yang telah disinari oleh sinar Lasser, dimana pada lapisan inilah data atau dokumen kita telah disimpan. untuk melindungi lapisan ini diberikan lagi lapisan cair untuk melindungi lapisan plastik tempat penyimpan data juga sebagai alat pemantul (Cover).
Jadi susunannya adalah Plastik kemudian lapisan plastik tipis tempat penyimpanan Data selanjutnya lapisan cair pelindung atau cover
3. Lapisan Pelindung
Dimana lapisan pelindung ini untuk melindungi CD/DVD pada saat tembakan sinar laser dari Optik Disk pada saat membaca CD/DVD tidak tembus, karena Tembakan sinar Laser Optik harus memantul kembali ke optik Disk, karena pantulan sinar Laser inilah data dari disk yang dibaca, jadi bila pelindung CD/DVD rusak maka sinar laser tidak memantul dan CD tersebut tidak dapat lagi di baca seperti gambar di bawah ini :
CD Kopek
Lapisan pelindung CD/DVD ini bisa juga di sebut Cover, atau lapisan Cair Perak pelindung.
Ada beberapa jenis Type CD yang kita kenal antara lain :
1. CD/DVD
     Biasanya CD/DVD ini sudah diisi, dimana dokumen yang telah terisi tersebut tidak dapat di hapus dan juga CD/DVD tersebut tidak dapat di isi untuk membackup dokumen kita (Hanya bisa di Baca). Jenis CD/DVD ini bisa dibaca di CD/CD-RW/DVD/DVD-RW Room.
Piringan CD-ROM ini berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu akan membentuk semacam pit (lubang) berukuran mikro – yang sangat kecil sekali. Lubang-lubang itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data. Sekali tercipta lubang, maka tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Semua itu prosesnya dilakukan secara bertahap dalam suatu mesin cetakan
2. CD/DVD-R
CD/DVD-R biasanya dikenal dengan nama CD Blank, CD/DVD ini hanya dapat ditulis hanya satu kali saja. setelah kita membakar CD untuk membackup Dokumen kita maka CD ini tidak dapat di bakar lagi.
CD Blank


Piringan CD-R ini umumnya berwarna hijau, tapi ada beberapa yang berwarna biru, merah dan hitam. Proses pembuatannya mirip dengan CD-ROM, yaitu dengan cara menaruh selembar lapisan plastik. Perbedaannya lembaran plastik itu belum disinari oleh laser. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Dan pada saat anda melakukan pembakaran maka lembaran plastik tersebut sudah di sinari Laser, maka akan terbentuk lubang deretan kode tempat data atau dokumen kita, setelah terbentuk lubang tersebut maka CD/DVD ini tidak dapat di tulis kembali.
CD Isi
Jenis CD/DVD-R ini bisa di baca di CD/DVD room dan pembakarannya atau penulisnya harus menggunakan CD/DVD RW
3. CD/DVD RW
     Piringan CD-RW ini umumnya berwarna ungu. Proses pembuatannya mirip dengan CD-ROM atau CD-R dengan cara menaruh selembar lapisan plastik. Perbedaannya lembaran plastik itu memiliki kemampuan untuk membuka dan menutup. Seperti yang telah dijelaskan bahwa lapisan data jika disinari oleh laser akan membuat lubang-lubang sebagai kode. Pada CD-RW lapisan data itu dapat lubang-lubang itu dapat menutup lagi jika dibutuhkan. Itulah sebabnya kita dapat merekam dan menghapus media CD-RW ini sesuka hati kita.
CD-RW tidak sembarangan dapat dibaca pada CD Player atau VCD player. Untuk bisa membaca CD-RW butuh tenaga sinar laser yang lebih kuat dari biasanya. Oleh sebab itu pastikan bahwa CD player atau VCD player Anda mendukung CD-RW

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar